Energi dalam Kehidupan

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja).
Macam-macam energi
Energi Potensial
  1. Energi Kinetik
Buah kelapa yang terletak pada tangkainya memiliki energi potensial gravitasi karena kedudukan buah kelapa terhadap permukaan bumi. Baterai memiliki potensial listrik karena kedudukan atom-atom yang menyusun baterai. Pegas apabila ditarik, ditekan, atau direnggangkan akan memiliki energi potensial pegas (elastisitas).

Energi potensial gravitasi

Suatu benda karena tempat kedudukannya terhadap bumi memiliki energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi ini timbul akibat tarikan gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda. Besar gaya yang diakibatkan tarikan bumi ini sebanding dengan massanya, sehingga massa benda memengaruhi besar energi yang dimiliki benda itu. Jika massa beban diperbesar, energi potensial gravitasinya juga akam membesar. Demikian juga, apabila ketinggian benda dari tanah diperbesar, energi potensial gravitasi benda tersebut akan semakin besar. Hubungan ini dinyatakan dengan persamaan

EP= m.g.h

Dengan
Ep: energi potensial (joule)
m : massa benda (kg)
g : percepatan gravitasi bumi (m/s²) = (N/Kg)

Sebuah benda yang berada pada suatu ketinggian tertentu apabila dilepaskan, 
Akan bergerak jatuh bebas sebab benda tersebut memiliki energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi benda yang mengalami jatuh bebas akan berubah karena usaha yang dilakukan oleh gaya berat.
  1. Energi Mekanik
  2. Energi Kimia
  3. Energi Listrik
  4. Energi Cahaya
  5. Energi Air
  6. Energi Angin
  7. Energi Panas Bumi
0

0 komentar:

Posting Komentar